Pertama-tama mari kita ketahui dulu, apa itu Konstan?
Konstan pada kapal kargo adalah sebuah nilai yg dianggap abadi dan atau ketetapan untuk suatu nilai berat benda terpasang yg ada diatas kapal, seperti mesin yg terpasang, alat-alat keselamatan yg dipasang permanen diatas kapal dan lain sebagainya.
Singkatnya konstan adalah nilai berat benda-benda yg ada diatas kapal selain muatan dan kru kapal, setiap kapal mempunyai angka konstan yg berbeda-beda dan bisa saja nilai konstan berubah-ubah namun biasa nilai angka konstan akan selalu sama jika tidak ada perubahan struktur kapal
Bagaimana cara menentukan nilai konstan suatu kapal?
Marine Surveyor Indonesia blog mencoba berbagi informasi tentang Cara Menentukan Konstan Kapal Barang, untuk itu biasanya diperlukan suatu metode perhitungan muatan kapal kargo dengan menggunakan Draft Survey sebagai acuannya
Dari program perhitungan draft survey tersebut kita bisa mendapatkan angka konstan kapal di maksudnya, rumus mencari konstan kapal adalah Berat Kapal Keseluruhan - Lightship = Konstan
untuk mencari Berat Kapal Keseluruhan dihitung dengan menggunakan Draft Survey
untuk mudahnya silahkan mencoba Draftsurveysoftware.com
Tuesday, November 26, 2013
Monday, November 25, 2013
On Hire Condition Survey Kapal Tongkang Eastern Republic
Hari saya melakukan kegiatan survey ke lapangan tepatnya di galangan kapal Pandan Bahari Shipyard di Tanjung Uncang, Batam untuk mengerjakan On Hire Condition Survey Kapal Tongkang Eastern Republic, yg akan di sewa oleh perusahaan penunjang operasi pengeboran minyak di Ketapang, Jawa Timur yaitu PT. Timas Suplindo
Kapal Tongkang Eastern Republic di miliki oleh perusahaan Singapore yaitu Eastern Navigation Pte Ltd atau yg sering dikenal oleh para pelaut sebagai perusahaan pelayaran ENA Singapore
Pemeriksaan On Hire Condition Survey Kapal Tongkang Eastern Republic dilakukan diatas kapal yg sedang sandar di galangan kapal Pandan Bahari Shipyard di Tanjung Uncang, Batam pada tanggal 25 Nopember 2013 dan akan dilanjutkan lagi esok hari pada tanggal 26 Nopember 2013 karena peralatan navigasi yg ada diatas tongkang belum lengkap diantara tali towing utama belum terpasang, lampu-lampu navigasi belum ada, jangkar sedang dalam pengerjaaan pemasangan, emergency towing line belum di lengkapi dengan bola buoys yg berwarna jingga serta lubang-lubang manholes belum di tutup
Kapal Tongkang Eastern Republic di miliki oleh perusahaan Singapore yaitu Eastern Navigation Pte Ltd atau yg sering dikenal oleh para pelaut sebagai perusahaan pelayaran ENA Singapore
Pemeriksaan On Hire Condition Survey Kapal Tongkang Eastern Republic dilakukan diatas kapal yg sedang sandar di galangan kapal Pandan Bahari Shipyard di Tanjung Uncang, Batam pada tanggal 25 Nopember 2013 dan akan dilanjutkan lagi esok hari pada tanggal 26 Nopember 2013 karena peralatan navigasi yg ada diatas tongkang belum lengkap diantara tali towing utama belum terpasang, lampu-lampu navigasi belum ada, jangkar sedang dalam pengerjaaan pemasangan, emergency towing line belum di lengkapi dengan bola buoys yg berwarna jingga serta lubang-lubang manholes belum di tutup
Sunday, November 24, 2013
Condition Survey Kapal Go Rigel
Kemaren malam saya melakukan pekerjaan jasa marine survey untuk Condition Survey di Kapal DP2 AHTS. Go Rigel yg sedang lego jangkar di perairan Batu Ampar, Batam, kapal AHTS DP2 yg baru saja berganti bendera dari Bendera Singapore ke bendera Indonesia karena akan digunakan untuk beroperasi di wilayah laut Indonesia, saat ini berlaku peraturan azas sabotage yaitu hanya kapal berbendera indonesia saja yg boleh beroperasi dari dan ke tujuan di dalam negeri kita wilayah laut Indonesia ini, kapal berbendera asing di larang beroperasi di Indonesia
Kapal yg rencananya akan disewa oleh perusahaan minyak HCML (Husky CNOOC Madura Limited) ini akan beroperasi di laut Madura, Jawa Timur, saat pemeriksaan datang juga perwakilan HSE Engineer dari HCML dan Surveyor Indonesia mewakili HCML sedangkan saya hadir sebagai Representative dari pihak Wintermar selaku pemilik kapal
Baru sekali ini saya melakukan survey periksaan kondisi kapal pada malam hari, lazimnya condition survey dilakukan pada siang hari untuk memastikan kondisi kapal benar dan sesuai keadaannya karena pada malam hari penglihatan kita sangat terbatas
Kapal yg rencananya akan disewa oleh perusahaan minyak HCML (Husky CNOOC Madura Limited) ini akan beroperasi di laut Madura, Jawa Timur, saat pemeriksaan datang juga perwakilan HSE Engineer dari HCML dan Surveyor Indonesia mewakili HCML sedangkan saya hadir sebagai Representative dari pihak Wintermar selaku pemilik kapal
Baru sekali ini saya melakukan survey periksaan kondisi kapal pada malam hari, lazimnya condition survey dilakukan pada siang hari untuk memastikan kondisi kapal benar dan sesuai keadaannya karena pada malam hari penglihatan kita sangat terbatas
Loading Survey RBD Palm Olein Kapal Asia Glory
Kapal Tanker Asia Glory berbendera China datang ke pelabuhan Kabil di Batam untuk memuat kargo berupa minyak goreng atau minyak makan yg biasanya di pakai para ibu di dapur, minyak goreng ini di sebut RBD Palm Olein, Refined Bleached Deodorized Palm Olein yaitu minyak goreng yg diberikan pemutih dan pewangi yg diperbolehkan untuk makanan.
Cargo RBD Palm Olein dikirim oleh PT. Musim Mas untuk ICOF Inter Continental Oil & Fats Pte Ltd yg akan di bongkar di pelabuhan Zhang Jia Gang, China, pemuatan RBD Palm Olein sebanyak 15,000 MT dilakukan selama 3 hari pada tanggal 20 Nopember 2013 sampai dengan tanggal 22 Nopember 2013
Selain carsurin sebagai perwakilan dari CCIC Singapore ada juga surveyor dari pihak pengirim barang Musim Mas yg menunjuk Jasindo sebagai perwakilan Intertek Malaysia
Cargo RBD Palm Olein dikirim oleh PT. Musim Mas untuk ICOF Inter Continental Oil & Fats Pte Ltd yg akan di bongkar di pelabuhan Zhang Jia Gang, China, pemuatan RBD Palm Olein sebanyak 15,000 MT dilakukan selama 3 hari pada tanggal 20 Nopember 2013 sampai dengan tanggal 22 Nopember 2013
Selain carsurin sebagai perwakilan dari CCIC Singapore ada juga surveyor dari pihak pengirim barang Musim Mas yg menunjuk Jasindo sebagai perwakilan Intertek Malaysia
Saturday, November 23, 2013
Hubungi Kami BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com
Anda dapat menghubungi Media Center BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com
dialamat berikut ini;
BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com
Ruko Grand Niaga Mas
Blok B No. 3 Batam Center
Kota Batam
Telp. 08127015790
email ; marine.surveyor.indonesia@gmail.com
dialamat berikut ini;
BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com
Ruko Grand Niaga Mas
Blok B No. 3 Batam Center
Kota Batam
Telp. 08127015790
email ; marine.surveyor.indonesia@gmail.com
Tentang Kami BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com
Kami BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com
Sebuah blog yg berisi tentang Berita-Berita dan tutorial tentang Marine Survey untuk kalangan umum pembaca Indonesia, blog BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com akan menhadirkan tulisan-tulisan tentang jasa marine survey yg sering digunakan oleh pengguna bisnis marine kelautan di Indonesia
Selamat menikmati tulisan kami BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com
Sebuah blog yg berisi tentang Berita-Berita dan tutorial tentang Marine Survey untuk kalangan umum pembaca Indonesia, blog BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com akan menhadirkan tulisan-tulisan tentang jasa marine survey yg sering digunakan oleh pengguna bisnis marine kelautan di Indonesia
Selamat menikmati tulisan kami BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com
Kebijakan Privasi Blog Binagamarinesurveyor.blogspot.com
Berikut kutipan tentang kebijakan privasi kami Blog Binagamarinesurveyor.blogspot.com
Jika Anda memerlukan informasi lebih
lanjut atau memiliki pertanyaan tentang kebijakan privasi kami, jangan ragu
untuk menghubungi kami secara langsung, anda bisa menggunakan jalur komunikasi melalui
email di marine.surveyor.indonesia@gmail.com
Pada BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com, privasi dari pengunjung kami adalah sangat penting bagi kami. Dokumen kebijakan privasi ini menguraikan jenis informasi pribadi yang diterima dan dikumpulkan oleh BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com dan bagaimana ia digunakan.
Filelog
Seperti banyak situs Web lain, BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com yang menggunakan file log. Informasi dalam file log meliputi protokol internet (IP) alamat, jenis browser, Internet Service Provider (ISP), tanggal / waktu cap, merujuk / keluar halaman, dan jumlah klik untuk menganalisis kecenderungan, mengelola gerakan situs, melacak pengguna sekitar lokasi, dan mengumpulkan informasi demografis. Alamat IP, dan lain informasi tersebut tidak terkait dengan informasi yang pribadi.
Cookies dan Web Beacon
inwepo ™ tidak menggunakan cookies untuk menyimpan informasi tentang preferensi pengunjung, merekam informasi pengguna tertentu pada halaman mana akses pengguna atau kunjungi, menyesuaikan konten halaman web berdasarkan jenis browser pengunjung atau informasi lainnya yang pengunjung mengirimkan melalui browser mereka.
DoubleClick ART Cookie
Google, sebagai vendor pihak ketiga, menggunakan cookies untuk menayangkan iklan di BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com
Google menggunakan cookie DART memungkinkan untuk menampilkan iklan kepada pengguna berdasarkan kunjungan mereka ke BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com dan situs lainnya di Internet.
Pengguna dapat membatalkan penggunaan cookie DART dengan mengunjungi iklan Google dan kebijakan privasi jaringan konten di URL berikut:
Google Privasi
Beberapa partner periklanan kami mungkin menggunakan cookies dan web beacon di situs kami. Mitra iklan kami meliputi:
Google Adsense, adf.ly dan iklan lainnya.
Server-server iklan pihak ketiga atau jaringan iklan dengan menggunakan teknologi iklan dan link yang muncul di inwepo ™ mengirim langsung ke browser Anda. Mereka secara otomatis menerima alamat IP anda ketika hal ini terjadi. Teknologi lainnya (seperti cookies, JavaScript, atau Web Beacon) juga dapat digunakan oleh jaringan iklan pihak ketiga untuk mengukur efektivitas iklan mereka dan / atau untuk personalisasi konten iklan yang Anda lihat.
BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com tidak memiliki akses ke atau kontrol atas ini cookie yang digunakan oleh pihak ketiga pemasang iklan.
Anda harus berkonsultasi dengan kebijakan privasi masing-masing dari server iklan pihak ketiga untuk informasi lebih rinci tentang praktek-praktek mereka serta untuk mendapatkan petunjuk tentang cara memilih dari praktek tertentu. Kebijakan privasi BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com tidak berlaku untuk, dan kita tidak dapat mengontrol kegiatan, pengiklan lain atau situs web.
Jika Anda ingin menonaktifkan cookie, Anda dapat melakukannya melalui individu pilihan browser. Informasi lebih lanjut tentang cookie manajemen khusus dengan web browser dapat ditemukan di website masing-masing browser.
Isi:
Kami mengumpulkan konten dan informasi dari ide setiap penulis BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com, refrensi forum dan blog serta gambar dari mesin pencari google. kami akan memberikan link dari situs asli (sumber) bila kami menguktip informasi dari situs blog atau forum.
Salam,
BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com
Pada BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com, privasi dari pengunjung kami adalah sangat penting bagi kami. Dokumen kebijakan privasi ini menguraikan jenis informasi pribadi yang diterima dan dikumpulkan oleh BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com dan bagaimana ia digunakan.
Filelog
Seperti banyak situs Web lain, BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com yang menggunakan file log. Informasi dalam file log meliputi protokol internet (IP) alamat, jenis browser, Internet Service Provider (ISP), tanggal / waktu cap, merujuk / keluar halaman, dan jumlah klik untuk menganalisis kecenderungan, mengelola gerakan situs, melacak pengguna sekitar lokasi, dan mengumpulkan informasi demografis. Alamat IP, dan lain informasi tersebut tidak terkait dengan informasi yang pribadi.
Cookies dan Web Beacon
inwepo ™ tidak menggunakan cookies untuk menyimpan informasi tentang preferensi pengunjung, merekam informasi pengguna tertentu pada halaman mana akses pengguna atau kunjungi, menyesuaikan konten halaman web berdasarkan jenis browser pengunjung atau informasi lainnya yang pengunjung mengirimkan melalui browser mereka.
DoubleClick ART Cookie
Google, sebagai vendor pihak ketiga, menggunakan cookies untuk menayangkan iklan di BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com
Google menggunakan cookie DART memungkinkan untuk menampilkan iklan kepada pengguna berdasarkan kunjungan mereka ke BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com dan situs lainnya di Internet.
Pengguna dapat membatalkan penggunaan cookie DART dengan mengunjungi iklan Google dan kebijakan privasi jaringan konten di URL berikut:
Google Privasi
Beberapa partner periklanan kami mungkin menggunakan cookies dan web beacon di situs kami. Mitra iklan kami meliputi:
Google Adsense, adf.ly dan iklan lainnya.
Server-server iklan pihak ketiga atau jaringan iklan dengan menggunakan teknologi iklan dan link yang muncul di inwepo ™ mengirim langsung ke browser Anda. Mereka secara otomatis menerima alamat IP anda ketika hal ini terjadi. Teknologi lainnya (seperti cookies, JavaScript, atau Web Beacon) juga dapat digunakan oleh jaringan iklan pihak ketiga untuk mengukur efektivitas iklan mereka dan / atau untuk personalisasi konten iklan yang Anda lihat.
BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com tidak memiliki akses ke atau kontrol atas ini cookie yang digunakan oleh pihak ketiga pemasang iklan.
Anda harus berkonsultasi dengan kebijakan privasi masing-masing dari server iklan pihak ketiga untuk informasi lebih rinci tentang praktek-praktek mereka serta untuk mendapatkan petunjuk tentang cara memilih dari praktek tertentu. Kebijakan privasi BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com tidak berlaku untuk, dan kita tidak dapat mengontrol kegiatan, pengiklan lain atau situs web.
Jika Anda ingin menonaktifkan cookie, Anda dapat melakukannya melalui individu pilihan browser. Informasi lebih lanjut tentang cookie manajemen khusus dengan web browser dapat ditemukan di website masing-masing browser.
Isi:
Kami mengumpulkan konten dan informasi dari ide setiap penulis BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com, refrensi forum dan blog serta gambar dari mesin pencari google. kami akan memberikan link dari situs asli (sumber) bila kami menguktip informasi dari situs blog atau forum.
Salam,
BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com
Disclaimer BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com
Seluruh materi blog BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com
dibuat oleh penulis blog ini dari ide penulis sendiri maupun ide yg
muncul setelah membaca media lainnya untuk diberikan kepada khlayak
ramai pembaca online sekalian, seluruh layanan baca online ini diberikan dengan mengikuti aturan main yang berlaku secara umum maupun aturan yg ditentukan oleh Media Centre BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com
Pasal Sanggahan
BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com
tidak bertanggungjawab atas informasi pembaca yg disampaikan jika ada
kesalahan penulisan di halaman blog kami baik itu di halaman komentar
ataupun apapun itu kami tidak
bertanggung-jawab atas tidak tersampaikannya data/informasi yang disampaikan
oleh pembaca melalui berbagai jenis saluran komunikasi (e-mail, sms, online
form) karena faktor kesalahan teknis yang tidak diduga-duga sebelumnya.
Kami
berhak untuk tidak memuat berita ataupun memuat berita, mengedit dan
ataupun menghapus data dan informasi dari pembaca jika tidak memenuhi
unsur kelayakan
Data dan/atau informasi yang
tersedia di BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com hanya sebagai rujukan/referensi
belaka, dan tidak diharapkan untuk tujuan perdagangan saham, transaksi
keuangan/bisnis maupun transaksi lainnya. Walau berbagai upaya telah dilakukan
untuk menampilkan data dan/atau informasi seakurat mungkin, BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com
dan semua mitra yang menyediakan data dan informasi, termasuk para pengelola
halaman konsultasi, tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan dan
keterlambatan memperbarui data atau informasi, atau segala kerugian yang timbul
karena tindakan yang berkaitan dengan penggunaan data/informasi yang disajikan BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com.
Hak Cipta Konten
Hal yang paling
penting adalah bagi anda yg berminat dengan tulisan di blog kami ini
untuk tidak mencopypastekan semua isi konten blog kami tanpa
mencantumkan kami sebagai sumber informasi anda, karena jika anda tanpa mencantumkan sumber kami akan mengakibatkan situs web/blog anda akan
mempunyai reputasi/peringkat yang buruk di mata mesin pencari Google, bahkan
dampak yang paling buruknya situs Anda akan dihapus dari mesin pencari Google.
Bila Anda ingin menyalin semua informasi yang ada di situs ini tanpa mencantumkan sumber, sebaiknya buatlah dengan kalimat Anda sendiri tanpa ada kesamaan tulisan dan isi berita.
Bila Anda ingin menyalin semua informasi yang ada di situs ini tanpa mencantumkan sumber, sebaiknya buatlah dengan kalimat Anda sendiri tanpa ada kesamaan tulisan dan isi berita.
Situs ini sudah didaftarkan ke DMCA
Protected dan myfreecopyright untuk perlindungan konten hak cipta tulisan.
Kapal Palau Pre-Loading Survey Terlama
Kapal Palau mencatatkan rekor sebagai Pre-Loading Survey paling lama yg pernah saya kerjakan, Kapal Palau milik Combi Lift, sebuah perusahaan pelayaran Jerman ini, saat itu sedang melakukan pemuatan barang-barang berat milik perusahaan minyak Chevron untuk proyek pengeboran minyak terbaru mereka di lokasi negara Australia yaitu Gorgon Project di Henderson, Australia, proyek pengeboran minyak terbesar di laut Australia yg berbatasan dengan negara kita dan Timor Timur.
Barang-barang Gorgon Project ini mulai diangkut ke kapal yg sandar di pelabuhan milik McDermott di Batu Ampar sejak tanggal 26 September 2013 hingga berlayar tanggal 19 November 2013, saking lamanya kapal berada di Indonesia sampai beberapa kru kapal sudah berganti termasuk Captain kapal, sewaktu sandar di komando Captain Victor sedangkan ketika berlayar di komandoin Captain Sergii.
Berikut gambar kapal ketika kegiatan Pre Loading Survey sedang berlangsung untuk anda simak dibawah ini, semua foto dan gambar adalah hak cipta saya yg mengambil gambar ini sendiri;
Suitability Survey Kapal Tug Boat Sea Puli
Beberapa saat yg lalu saya mendapatkan order untuk mengerjakan Suitability Survey kapal Tug Boat Sea Puli milik perusahaan pelayaran Wintermar yg rencananya akan disewa oleh perusahaan minyak Petronas.
Suitability Survey adalah survey atas kelayakan kapal untuk suatu penggunaan tertentu, misalnya kapal tug boat ini rencananya akan digunakan untuk menarik rig modul Kepodang milik Petronas yg sedangkan di perbaiki di galangan kapal milik McDermott di Batu Ampar
Pemeriksaan menyeruh atas kondisi kapal ini harus dilakukan secara mendetail termasuk juga wawancara terhadap crew kapal apakah layak untuk membawa kapal tersebut dalam pelayaran yg akan direncanakan, pemeriksaan dimulai dari anjungan kapal untuk memeriksa alat navigasi dan keselamatan kapal serta hull dan machineries kapal, dan yg paling penting adalah pemeriksaan surat-surat kapal apal masih on atau sudah expired.
Stuffing Survey Pengisian Muatan Kontainer
Saat ini pengiriman barang banyak menggunakan kontainer sebagai armada angkutan yg diandalkan para pengusaha maritime untuk pengantaran barang dagangan baik importir maupun exportir, nah menjamur kegiatan bongkar muat kontainer ini adalah peluang bisnis bagi perusahaan Jasa Marine Surveyor seperti saya, beberapa saat yg lalu kami mengerjakan pekerjaan Stuffing Survey untuk pengisian muatan ke dalam kontainer ini.
Stuffing survey di PT. Union Plastic di kawasan industri Batu Ampar, kami dapatkan dari klien kami dari Singapore Bureau Veritas, stuffing survey ini layaknya sebuah survey Pre-Shipment dari negara tujuan angkutan kontainer ini agar barang tersebut tidak perlu lagi di obok=obok untuk di periksa di pelabuhan muat dan bongkar tetapi cukup menunjukan surat sakti hasil laporan survey kami saja untuk memastikan isi dan jenis muatan barang di dalam kontainer tersebut.
PT. Union Plastic ini mengirimkan 900 bales kantong plastic untuk air minum ke negara tujuan Luanda, Angola di Benua Africa sana, kantong plastik yg mirip dengan kantong gula yg umum dipakai di Indonesia.
Expedite Survey Jenis Marine Survey Terbaru
Pernah mendengar istilah Expedite Survey?
Expedite survey hampir sama dengan TPI Inspector, yg telah saya bahas sebelumnya di blog BinagaMarineSurveyor.Blogspot.com ini, bagi saya mengerjakan Expedite Survey ini bagaikan mengerjakan sebuah jenis terbaru dari pekerjaan saya sebagai Marine Surveyor, jadi bolehlah jika saya menyebutkannya Expedite Survey sebagai Jenis Marine Survey Terbaru.
Expedite Survey ini kemaren saya kerjakan di perusahaan pembuat pipa minyak untuk ukuran besar di PT. H-Tech XL Kabil, Batam, perusahaan yg masih satu induk dengan Citra Tubindo ini khusus untuk penguliran pipa-pipa minyak berukuran besar sedangkan untuk pipa-pipa minyak berdiameter kecil dikerjakan di Citra Tubindo
Saat mengerjakan expedite survey tersebut kami mengawasi threading pipa berukuran 36" milik Sumitomo Corporation Singapore untuk ladang minyak Petronas di Port Klang, Malaysia, hampir setiap hari kami mengawasi jalannya mesin theading penguliran pipa besi ini baik itu pin ataupun box, nah untuk anda ketahui bahwa ujung pipa yg di ulir ini agar memudahkan penyambungan pipa ketika di bentang di lapangan minyak nantinya, untuk ujung bagian dalam pipa namanya PIN dan ulir bagian dalam pipa namanya BOX
Pipa yg sudah siap di ulir Pin x Box akan diukur threadingnya agar sesuai dengan spec yg diinginkan klien, selanjutnya pipa yg sudah selesai di threading akan di masukan ke bagian Phospating untuk selanjutnya dipasangkan dengan Bevel Protector di kedua ujung pipa tersebut agar uliran pipa tidak rusak, pipa yg sudah selesai selanjutnya disiapkan untuk dibawa ke lokasi pertambangan minyak terkait.
Third Party Inspection Survey Steel Pipe
Di Kota Batam ini sangat banyak industri berat seperti industri penguliran batang-batang besi pipa untuk keperluan pertambangan minyak dan gas, sebut saja seperti perusahaan-perusahaan ini yang diketahui sebagai perusahaan pembuatan pipa-pipa besi seperti PT. Citra Tubindo, H-Tech XL, DSAW, Bredero Shaw Indonesia, Hunting Energy dan lain sebagainya yg sebagian besar berada di kawasan industri kabil, batam, Indonesia ini.
Pipa-pipa milik perusahaan pertambangan minyak dunia seperti Sumitomo, Chevron, Mobil Oil, Vallourec, Amalgamat, Petronas dan lain sebagainya ini biasanya mereka menggunakan jasa survey pihak ketiga untuk mengawasi pembuatan pipa di perusahaan seperti Citra Tubindo tersebut, merekalah yg disebut sebagai TPI (Third Party Inspector), ada banyak perusahaan TPI di Batam ini sebut saja ICO, BV, SGS dan lain sebagainya
Alur kerja survey TPI layaknya seperti marine surveyor juga, mereka hadir di site lokasi pembuatan pipa tersebut sebagai wakil dari pemilik pipa, tentunya sebelum mereka di tunjuk untuk survey ini sudah dibekali dengan SOP (standar operasional) yg diinginkan owner pemilik pipa untuk diterjemahkan sesuai keinginannya di pabrik pembuatan pipa tersebut, mereka berhak menolak pipa tersebut jika uliran pipa tidak sesuai dengan spesifikasi yg diinginkan pembeli.
Pipa-pipa milik perusahaan pertambangan minyak dunia seperti Sumitomo, Chevron, Mobil Oil, Vallourec, Amalgamat, Petronas dan lain sebagainya ini biasanya mereka menggunakan jasa survey pihak ketiga untuk mengawasi pembuatan pipa di perusahaan seperti Citra Tubindo tersebut, merekalah yg disebut sebagai TPI (Third Party Inspector), ada banyak perusahaan TPI di Batam ini sebut saja ICO, BV, SGS dan lain sebagainya
Alur kerja survey TPI layaknya seperti marine surveyor juga, mereka hadir di site lokasi pembuatan pipa tersebut sebagai wakil dari pemilik pipa, tentunya sebelum mereka di tunjuk untuk survey ini sudah dibekali dengan SOP (standar operasional) yg diinginkan owner pemilik pipa untuk diterjemahkan sesuai keinginannya di pabrik pembuatan pipa tersebut, mereka berhak menolak pipa tersebut jika uliran pipa tidak sesuai dengan spesifikasi yg diinginkan pembeli.